Sejak perilisannya di negara Amerika Serikat pada tahun 1995 silam, konsol PlayStation kini sudah genap berumur 20 tahun yang juga menandai lahirnya salah satu peristiwa paling bersejarah didalam dunia video game. Pihak Sony PlayStation dianggap berhasil mendominasi dunia video game dengan mengalahkan industri game terbesar saat itu, Nintendo. Sejak kemunculan konsol PlayStation di muka bumi, sejak itulah permainan game berubah menjadi lebih bervariasi, eksperimental dan terlihat dewasa dibandingan game-game sebelumnya. PlayStation telah mengubah segalanya dan terus mengejar popularitasnya hingga saat ini.

Namun keberhasilan PlayStation ternyata masih jauh dari yang kita harapkan. Konsol ini ternyata memiliki banyak sisi pro dan kontra perihal bagaimana konsol ini akan dihadirkan dan dipasarkan setelah selesai dirilis. Dan berikut ini adalah beberapa fakta mengejutkan tentang dunia PlayStation yang selama ini tidak anda tahu, diantaranya adalah:

  1. Pihak Sony Computer Entertaiment of Amerika hampir saja menjalin kerjasama dengan pihak Sega Japan untuk membuat konsol PlayStation.

PlayStation lahir di awal tahun 90-an yang juga melahirkan kerjasama antara Sony dan Nintendo. Pada awalnya, Sony sepakat untuk membuat Drive CD untuk konsol SNES dan sebagai imbalannya, Nintendo memperbolehkan game yang berbasis cartridgenya agar dapat dimainkan pada Sony sehingga dibangunlah sebuah mesin permainan multimedia yang disebut PlayStation. 9 jam sebelum menandatangani kesepakatan tersebut, pihak Nintendo memprediksi bahwa pihak Sony akan mendapatkan semua keuntungan dari game berbasis CD jika perjanjian tersebut disepakati sehingga pihak Nintendo mengajukan mundur dan kemudian lahirlah era persaingan antar perusahaan video game terbesar di dunia.

Sony dan Nintendo adalah industri video game yang paling dikenal oleh para gamers dunia, namun sangat sedikit dari para gamers yang mengetahui bahwa sebenarnya pihak Sony hampir menjalin kerjasama dengan pihak Sega Japan setelah Nintendo mundur dari kesepakatan. Sony menawarkan kesepakatan untuk bekerjasama membangun konsol berbasis CD dengan Sega diawal tahun 90-an. Saat mereka membawa ide tersebut ke meja direksi Sega Japan, ide tersebut ditolak mentah-mentah. Di mata Sega, Sony adalah industri game yang tidak memiliki riwayat jelas untuk membuat software atau hardware sebuah video game, sehingga tidak ada keuntungan yang bisa diraih jika bermitra dengan Sony. Akhirnya setelah ditolak oleh Nintendo dan Sega, Sony kemudian memutuskan untuk membuat PlayStation dengan tangan mereka sendiri.

  1. Sony telah menolak puluhan desain sebelum mereka menetapkan ikon logo PlayStation.


Ikon logo PlayStation dianggap sebagai salah satu ikon logo terbaik dalam sejarah dunia game dan hal tersebut masih dipertahankan pihak Sony hingga saat ini. Bayangkan ikon logo ini sudah bertahan hingga 20 tahun lebih lamanya. Faktanya pihak Sony sudah merancang puluhan variasi pada ikon logo PlayStation sebelum mereka memilih dan menetapkan salah satunya.

  1. Awalnya maskot PlayStation berupa sebuah kepala 3D menakutkan yang melayang bernama Polygon Man.

Maskot PlayStation ciptaan AS yang kita kenal sekarang adalah karakter Crash Bandicoot (terkecuali konsol PlayStation ciptaan Jepang). Tetapi tahukah anda bila pada awalnya pihak Sony Amerika pernah memiliki rencana yang lain dari pada yang lain perihal menetapkan maskot PlayStation. PlayStation kental akan suasana game 3D, jadi Sony ingin membuat sebuah maskot PlayStation berupa sebuah kepala ungu 3D yang menakutkan dan melayang bernama Polygon Man. Untungnya pihak pengembang PlayStasion Jepang, Ken Kutaragi mengatakan bahwa “Ini adalah ide gila” saat dirinya pertama kali melihat Polygon Man dan sejak saat itu Sony bergegas merubahnya.

  1. Gamers Jepang sangat membenci karakter Crash Bandicoot.


Ya, ini adalah fakta. Saat pencipta Crash Bandicoot, Naughty Dog pertama kali merilis permainan ini untuk redaksi Sony Jepang, mereka menolaknya namun ternyata tidak hanya redaksi, para gamers Jepang juga berpikiran sama. Naughty Dog kembali mendesain ulang yang membuat karakter mereka terlihat lebih ramah dan meyakinkan, barulah Sony Jepang mau mempublikasikan game tersebut.

Namun Ken Kutaragi membenci karakter Crash untuk dijadikan maskot PlayStation sehingga maskot PlayStation di Jepang dibuat berbeda. Disisi lain, pihak Sony Amerika lebih membutuhkan karakter “Mario” dan “Crash” sebagai pilihan terbaik sehingga hal tersebut menuai protes dari kalangan Jepang. Bahkan pihak Sony mengambil Crash sebagai landasan iklan mereka dan didalam iklan tersebut menampilkan seorang pria bernama Crash membawa sebuah maskot, maka dengan demikian Kutaragi tidak perlu lagi rewel soal maskot. Di Jepang, maskot PlayStation adalah kucing anime yang bernama Toro yang berperangai tidak sopan sekilas mirip dengan Crash Bandicoot.

  1. Simbol pada tombol stik PlayStation mempunyai makna khusus.

Keberhasilan PlayStation tidak lepas dari sistem “stik”. Kita selama ini tahu jika terdapat 4 simbol pada tombol stik PlayStation yang ternyata mempunyai makna khusus. Misalnya:plastation

  • Simbol “Segitiga” mempunyai makna melihat ke depan, sudut pandang pemain dan dimaksudkan untuk menjadi tombol yang berpusat pada kamera.
  • Simbol “Persegi” mempunyai makna kertas atau daftar dan akan menjadi tombol ‘pilihan’.
  • Simbol “Bulat dan X” mempunyai makna Ya/Tidak atau Melanjutkan/Membatalkan.

Bentuk Stik juga dirancang untuk mencerminkan sebuah fakta bahwa PlayStation dibuat khusus permainan 3D. Pegangan stik yang terdapat pada konsol dulu (Nintendo dan Sega) terlihat tipis dan datar, namun PlayStation membuat sisi mendalam dan menonjol pada pegangannya. Dan jelas, itu adalah stik khusus game 3D.

  1. Game konsol PlayStation pertama yang dikembangkan pihak Sony adalah tentang seorang pembalap kart.

Semua game yang dipasarkan konsol PlayStation begitu laris manis di dunia, karena grafis yang ditawarkan lebih dewasa dari konsol Nintendo dan Sega. Game pertama yang dikembangkan dan dirilis oleh Sony Computer Entertaiment untuk konsol PlayStation adalah seorang pembalap kart bernama Motor Toon Grand Prix. Dan setelah beberapa tahun berlalu, game ini berubah menjadi sesuatu yang jauh lebih besar saat pihak Polyphony Digital membeli hak ciptanya dan menciptakan game Gran Turismo, sebuah game yang paling populer di dunia PlayStation.

  1. PlayStation berhasil mengalahkan rekor penjualan konsol PlayStation 2 saat peluncuran pertamanya di pasar game.

PlayStation merupakan konsol terlaris di dunia dibandingkan dengan konsol game sebelumnya, ia mencetak total penjualan sebanyak 102 juta unit diseluruh dunia. PlayStation bahkan sukses mengalahkan rekor penjualan PlayStation 2 saat peluncuran pertamanya di pasar game oleh pihak Sony.

  1. Pihak Atari pernah mencoba mencegah Sony untuk tidak menjual konsol PlayStation senilai US$ 299.

Salah satu faktor yang membuat konsol PlayStation laris manis di pasaran dunia game adalah harganya yang terbilang murah, hanya senilai US$ 299 (US$ 100 lebih murah daripada konsol Sega Saturn). Pihak Atari yang tengah berjuang keras mempromosikan konsol terbarunya, Jaguar mengancam akan menuntut Sony ke Komisi Perdagangan Internasional jika mereka meluncurkan konsol dibawah harga US$ 300. Atari menyimpulkan bahwa apabila Sony menjual konsolnya senilai US$ 299 di Jepang, maka hal tersebut akan membuat pesaing lainnya gulung tikar dan konsol Barat akan merajai dunia game. Meskipun Sony mengetahui ancaman tersebut, namun mereka tetap bersikeras meluncurkan konsolnya seharga US$ 299 dan Atari tak lama kemudian gulung tikar.